Home » Usaha Rumahan » 10 Usaha Yang Cocok Untuk Pemula di Pedesaan Yang Menguntungkan

10 Usaha Yang Cocok Untuk Pemula di Pedesaan Yang Menguntungkan

Usaha Yang Cocok Untuk Pemula di Pedesaan

Apa usaha yang cocok untuk pemula di Pedesaan? Ada beragam jenis usaha yang  terbukti menguntungkan dan layak dicoba bagi masyarakat yang tingal di pedesaan. Untuk mengetahui apa saja jenis usahanya, silahkan simak rekomendasi di bawah ini.

Dalam era globalisasi ini, yang segalanya serba dimudahkan melalui dunia digital, sangat membuka peluang bagus untuk semua orang dalam segala aspek terutama aspek perekonomian di dunia, termasuk Indonesia. Karena di masa sekarang akses internet sudah masuk keberbagai pelosok nusantara, sehingga masyarakat sudah dapat mencari informasi sendiri dengan sangat cepat dan mudah meskipun mereka hidup di desa bukan di kota.

Sehingga hal ini juga dapat dimanfaatkan oleh masyarakat di desa untuk mengembangkan usaha mereka dalam segala bidang, baik melalui cara online maupun offline. Masyarakat desa di era sekarang sudah lebih terbuka tentang kemajuan teknologi, sehingga mereka dapat bersaing dengan masyarakat yang lebih luas.

Orang-orang di desa dari segala usia juga sudah bisa menggunakan handphone berbasis android untuk berkomunikasi dan mencari serta memberi informasi melalui media sosial. Hal ini sangat menguntungkan untuk membuka usaha di desa.

Usaha Yang Cocok Di Desa dengan strategi pemasaran online saat ini sedang menjadi trend dan metodenya sangatlah beragam. Kita dapat menyesuaikannya dengan minat dan bakat kita, namun kita juga tidak boleh asal membuka usaha tanpa mengetahui tips dan triknya.

Usaha Yang Cocok Di Desa dapat dimulai dari usaha kecil-kecilan yang sekiranya menguntungkan. Sebelum membuka usaha, kita harus mengetahui siapa target market kita dan apa yang dibutuhkan oleh target market kita, sehingga usaha yang akan kita bangun dapat tepat sasaran.

Ada banyak sekali Usaha Yang Cocok Di Desa, yang dapat kita kembangkan menjadi usaha yang besar mulai dari hasil pertanian, hasil peternakan hingga hasil perkebunan dan lain sebagainya. Peluang usaha di desa memiliki potensi untuk berkembang karena persaingan bisnis di desa relatif lebih rendah dibandingkan di kota, terlebih saat ini pemerintah sangat berkomitmen untuk membantu mengembangkan perekonomian di pedesaan, sehingga masyarakat dapat memiliki dukungan untuk menjalankan usahanya.

Hal ini dapat dijadikan kesempatan untuk mencoba salah satu usaha di desa sebagai peluang yang bagus kedepannya. Nah untuk mengetahui apa saja usaha yang cocok untuk pemula di pedesaan, silahkan simak informasi www.betinagonzalez.com di bawah ini.

Rekomendasi Usaha Yang Cocok Untuk Pemula di Pedesaan

Bisnis Yang Cocok Di Pedesaan Untuk Pemula

1. Hasil Pertanian

Indonesia merupakan negara agraris, dimana sebagian besar masyarakatnya memiliki mata pencaharian sebagai petani atau bercocok tanam. Sehingga Indonesia sangat berpotensi untuk menghasilkan bahan pangan sendiri tanpa bantuan dari negara lain.

Dengan bertani maupun bercocok tanam, masyarakat dapat menanam padi dan aneka sayuran serta buah-buahan yang dapat di jual disekitar wilayah hingga ke luar wilayah mereka. Mereka yang menjualnya secara offline dapat menggelar hasil bumi tersebut di warung, maupun pasar tradisional.

Sedangkan mereka yang menjualnya secara online dapat menjualnya melalui market place atau lewat sosial media seperti WhatsApp maupun instagram. Cara meningkatkan penjualan produk bahan pangan melalui offline adalah dengan memperluas jaringan pasar dan terus menambah relasi bisnis.

Permintaan pasar akan bahan pangan dari hasil pertanian akan selalu ada dan akan selalu dibutuhkan oleh masyarakat dari berbagai kalangan sehingga usaha ini tentu dapat dijadikan usaha desa yang sangat menguntungkan dalam jangka panjang.

Sedangkan cara meningkatkan penjualan produk bahan pangan melalui online adalah dengan memperhatikan pengemasan serta hasil potret gambar yang bagus untuk menarik perhatian pembeli, menjaga kualitas produk, serta pastikan untuk menjualnya disemua sosial media dan marketplace yang banyak digunakan oleh masyarakat kita agar jangkauan pasarnya semakin luas.

2. Hasil Peternakan

Selain hasil pertanian, Usaha Yang Cocok Di Desa adalah hasil peternakan. Beberapa usaha hasil peternakan di desa yang patut untuk dicoba adalah ternak ayam, ternak bebek, ternak sapi, dan ternak kambing.

Usaha Peternakan di desa sangat menjanjikan karena kebutuhan pasar akan hasil peternakan juga sangat banyak. Maraknya bisnis kuliner di berbagai daerah, dari kota hingga desa menjadikan peluang besar untuk para pembisnis peternakan.

Lahan untuk beternak di desa juga lebih luas dan asri dibandingkan di kota. Selain itu pakan untuk hewan ternak yang memakan rumput seperti sapi dan kambing sangat mudah didapatkan di desa dan tidak harus membeli karena lahan di desa yang memiliki rumput lebat masih sangat banyak.

Cara pemasaran hewan ternak melalui offline yaitu dengan memasarkannya melalui tangan ke tangan, seperti misalnya menjual hasil ternak ayam, maka jual-lah ke agen atau toko pemotongan ayam, kemudian dari agen tersebut dapat dijual ke pedagang makanan di pinggir jalan, outlet atau toko dan rumah makan yang menjual menu-menu aneka ayam seperti KFC, Rocket Chicken, dll. Selain itu juga dapat menjualnya secara langsung di pasar tradisional atau menjadi distributor untuk pasar modern.

Sedangkan cara pemasaran hewan ternak secara online dapat dilakukan dengan cara menawarkannya melalui berbagai sosial media dan marketplace yang banyak digunakan oleh masyarakat. Tidak jarang, saat ini sudah banyak sekali para pedangan hewan ternak yang menjual hasil ternaknya secara online.

Bahkan ada beberapa peternak hewan sapi dan kambing yang sengaja membuat channel youtube untuk menjual hasil ternak mereka. Hal ini menjadi sangat kreatif karena melalui videonya tentu masyarakat dapat melihat secara spesifik kondisi hewannya dan bagaimana cara perawatannya sehingga pembeli lebih yakin akan kualitas hewan tersebut.

Cara berjualan hewan ternak melalui youtube adalah dengan mencantumkan nomor handphone yang dapat dihubungi di dalam deskripsi atau di dalam videonya. Hal ini bertujuan agar pembeli yang berminat akan hewan tersebut dapat menghubungi si penjual secara langsung.

Dalam masa pandemi seperti sekarang ini, pemasaran secara online untuk para peternak di desa menjadi solusi yang sangat tepat. Dengan memajang status berupa foto dagangan berupa ayam, bebek, daging kambing, atau daging sapi kemudian tuliskan caption seperti misal, “menjual ayam dan bebek harga murah kualitas terjaga bersih dan sehat, siap antar kerumah”, tentu akan menarik perhatian si pembaca status dan kemungkinan besar akan memesannya karena si pembeli mendapatkan kemudahan untuk berbelanja meski di rumah saja.

Maka dari itu hasil peternakan menjadi Usaha Yang Cocok Di Desa juga karena masyarakat setiap harinya membutuhkannya. Dengan menjaga konsistensi berbisnis dan menjaga kualitas produk tentu akan menjadikan point yang paling penting dalam berwirausaha agar menjadi pengusaha yang sukses.

3. Hasil Perkebunan

Berbisnis dari hasil perkebunan di desa juga menjadi Usaha Yang Cocok Di Desa, seperti kopi, tembakau, kelapa sawit, kakao, cengkeh dan aneka bahan rempah lainnya. Indonesia sangat kaya akan hasil perkebunannya sejak dahulu kala, sehingga tidak heran jika hasil perkebunan Indonesia sudah dikenal diberbagai dunia.

Metode pemasaran secara offline untuk hasil perkebunan sama saja seperti memasarkan hasil pertanian dan peternakan. Permintaan pasar untuk hasil perkebunan sangat diminati sehingga menjadikan usaha perkebunan menjadi salah satu prioritas utama dalam Usaha Yang Cocok Di Desa.

Sedangkan metode pemasaran secara online untuk hasil perkebunan juga tidak jauh berbeda dengan cara pemasaran online hasil pertanian dan peternakan. Pemasaran produk hasil perkebunan secara online di berbagai marketplace dan sosial media sudah sangat beragam kemasan produknya, misal seperti kopi, dan aneka bumbu rempah yang dijual dalam kondisi masih bijian dan bubuk yang dikemas dengan botol kecil dan pack yang lebih fleksibel sehingga mudah di bawa kemana-mana, serta terkesan sangat modern.

4. Usaha kuliner

Dari hasil pertanian, perkebunan maupun peternakan tentu akan membuka peluang besar untuk usaha kuliner. Saat ini sedang sangat trend bisnis kuliner yang dijalankan dari rumah dan dikembangkan melalui layanan pesan antar makanan seperti sistem DO atau Delivery Order dari si penjual atau melalui layanan aplikasi seperti Gr*ab Food, dll, sehingga si pemesan makanan mendapat kemudahan untuk memesan makanan tersebut meskipun hanya di rumah saja. Beberapa bisnis kuliner yang sedang hits saat ini adalah :

a. Tumpeng Mini

Tumpeng mini sekarang sudah mulai populer diperkotaan sebagai pengganti nasi dus biasa, karena bentuknya yang terlihat lebih unik sehingga mengundang ketertarikan bagi yang melihatnya, sehingga usaha tumpeng mini juga dapat di aplikasikan di desa, apalagi saat ini pesaing usaha tumpeng mini di desa belum terlalu banyak, sehingga peluang untuk membuka usaha tumpeng mini sangat bagus.

Tumpeng mini merupakan salah satu usaha yang cocok untuk pemula di pedesaaan karena selain bahannya mudah di dapat dan cara pembuatannya pun sama seperti membuat nasi dus atau nasi box pada umumnya hanya berbeda bentuk nasinya saja yang mengerucut, tumpeng mini akan selalu dibutuhkan dalam acara acara tertentu seperti perayaan ulang tahun, selamatan, rapat, arisan, reuni atau kumpul keluarga.

b. Dessert Box

Dessert box merupakan salah satu Usaha Yang Cocok Di Desa Untuk Pemula di Pedesaan karena menu ini sangat digemari oleh anak-anak hingga dewasa. Dessert box adalah makanan penutup yang dikemas di dalam box kecil sehingga terkesan sanget simpel dan lucu, menu dessert box juga sangat beragam seperti dessert box milo, brownies, coklat, aneka buah, dll, tinggal disesuaikan dengan selera, cara membuatnya pun sangat simpel sehingga membuka usaha dessert box patut untuk dijadikan referensi usaha di desa juga.

c. Jajanan Gocengan

Jajanan Gocengan adalah jajanan yang sedang hits saat ini seperti boci atau baso aci, telung atau telur gulung, mielor atau mie telor, maklor atau makaroni telor, cilung atau aci digulung yang dikemas dalam cup minuman plastik, sehingga lebih simpel dan mudah dipegang serta mudah untuk memakan makanan tersebut. Jajanan Gocengan menjadi Usaha Yang Cocok Di Desa Untuk Pemula di Pedesaan karena harga jual yang sangat ekonomis tentu akan menjadi incaran semua orang terutama anak-anak dan anak muda. 

d. Aneka Minuman Hits

Aneka minuman hits juga patut menjadi Usaha Yang Cocok Di Desa Untuk Pemula di Pedesaan karena sudah banyak masyarakat desa yang gemar jajan menu-menu kekinian, apalagi kalangan anak muda.

Aneka minuman hits adalah kreasi minuman thai tea seperti thai tea original, thai tea taro, thai tea red velvet, mango thai tea, thai tea oreo, dll, serta yang tidak kalah enak dan pasti menjadi kegemaran kalangan anak muda hingga dewasa adalah kreasi minuman es kopi seperti es kopi soe regal, es kopi coklat, es kopi taro, es kopi red velvet, es kopi capuccino, dll.

5. Usaha Pertamini atau Pom Bensin Mini

Usaha Pertamini atau pom bensin mini juga patut menjadi Usaha Yang Cocok Di Desa Untuk Pemula di Pedesaan karena bensin adalah salah satu kebutuhan primer bagi masyarakat desa yang memiliki kendaraan pribadi, dan saat ini hampir semua rumah pasti memiliki kendaraan pribadi seperti motor maupun mobil, sehingga membuka pom mini di desa menjadi peluang yang cukup bagus.

Apabila modal untuk membuka usaha bensin belum besar, maka anda dapat membuka usaha ini dengan bermodal bensin yang di takar kedalam botol botol berisi 1 liter bensin dan di letakkan diatas rak rak kayu untuk display bensinnya, namun jika anda memiliki modal diatas 20 juta lebih baik anda membuat pom mini ala ala pom bensin yang sebenarnya sehingga lapak bensin anda terlihat lebih profesional.

6. Usaha Potong Rambut

Usaha potong rambut menjadi salah satu Usaha Yang Cocok Di Desa Untuk Pemula di Pedesaan karena modal yang dibutuhkan dapat dibilang cukup murah, yaitu dengan modal utamanya gunting dan sisir rambut.

Apabila anda menginginkan usahanya terlihat lebih profesional maka anda membutuhkan modal yang cukup besar dengan cara membuat tampilan lapak anda seperti barber shop yang ada di kota kota besar namun harga potong rambutnya tetap terjangkau dikalangan masyarakat desa, hal ini tentu akan membuat masyarakat di desa lebih ingin mengunjungi lapak anda.

7. Usaha Konter

Saat ini usaha konter seperti konter pulsa dan kuota menjadi Usaha Yang Cocok Di Desa Untuk Pemula di Pedesaan karena sebagian besar masyarakat desa juga sudah menggunakan handphone di kehidupan sehari-harinya untuk berkomunikasi dan mencari informasi hingga bertransaksi, sehingga mereka sangat membutuhkan pulsa dan kuota.

Meskipun usaha konter sudah tidak asing lagi di desa dan sudah banyak yang membuka usaha ini di desa, namun usaha ini tidak akan lekang oleh waktu karena kebutuhan masyarakat desa untuk membeli pulsa dan kuota juga akan terus bertambah, terlebih kondisi saat ini sedang pandemi yang mengharuskan masyarakat dirumah saja bahkan sekolah juga dari rumah sehingga menjadi peluang besar untuk membuka usaha konter.

Selain rekomendasi di atas, anda juga bisa melihat rekomendasi lainnya pada artikel menegnai Pekerjaan Ibu Rumah Tangga Yang Menghasilkan Uang dan beragam artikel lainnya yang akan selalu kami update setiap hari.

Demikian rekomendasi usaha yang cocok untuk pemula di Pedesaan yang dapat diaplikasikan dan dikembangkan dengan baik untuk menunjang perkembangan perekonomian keluarga dan masyarakat desa secara luas. Usaha yang berhasil adalah usaha yang dikerjakan dengan sepenuh hati dan kerja keras yang konsisten bukan hanya di ucapkan dan dibayangkan saja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *