Home » Peluang Bisnis » 30 Syarat dan Cara Menjadi Agen Wahana : Biaya & Keuntungan

30 Syarat dan Cara Menjadi Agen Wahana : Biaya & Keuntungan

Cara Menjadi Agen Wahana

Kemajuan teknologi yang berkembang pesat di era saat ini membuat semua hal semakin mudah, seperti cara jual beli barang secara online. Maka tidak heran jika kini banyak perusahaan yang bergerak di bidang jasa pengiriman dan logistik.

Jasa ekspedisi pengiriman barang saat ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat, sehingga perusahaan yang bergerak di bidang tersebut sedang berkembang pesat.

Berbagai ekspedisi pengiriman barang mengalami persaingan yang cukup ketat, salah satu ekpedisi yang cukup menjadi andalan masyarakat adalah Wahana.

Wahana Express adalah salah satu jasa ekspedisi pengiriman yang sangat berpengalaman dalam bidangnya.

Selain itu Wahana terkenal sebagai ekspedisi pengiriman yang bersahabat karena biaya pengirimannya yang terbilang lebih hemat dan waktu pengiriman juga cukup cepat, sehingga mampu bersaing dengan ekspedisi lainnya.

Wahana Express telah membuka peluang usaha bagi masyarakat luas untuk menjadi mitra bisnis mereka dengan cara menjadi agen Wahana.

Dengan banyaknya permintaan jasa pengiriman barang melalui ekspedisi Wahana di berbagai wilayah dari kota hingga ke pelosok desa, maka Wahana membutuhkan lebih banyak agen demi meningkatkan pelayanannya.

Hampir semua masyarakat Indonesia saat ini sangat gemar berbelanja online yang melibatkan jasa pengiriman barang, hal ini menjadikan sebuah peluang besar untuk membuka usaha di bidang pengiriman dan logistik.

Menjadi salah satu agen Wahana Express adalah pilihan yang tepat, karena perusahaan ini sudah mendapat kepercayaan dari masyarakat dan sudah berdikari di bidangnya cukup lama, sehingga cukup profesional di bidangnya.

Bergabung dengan perusahaan Wahana Express sebagai agen mereka akan mendapatkan keuntungan yang cukup menjanjikan. Cara menjadi Agen Wahana juga cukup mudah karena nantinya akan di beri pengarahan oleh pihak perusahaannya secara langsung.

Sebelum anda memutuskan menjadi agen Wahana, maka ada baiknya untuk simak terlebih dahulu ulasan di bawah ini mengenai apa saja syarat dan bagaimana cara menjadi Agen Wahana

Selain itu, kami juga memberikan informasi mengenai besaran modal dan beragam keuntungan menjadi Agen Wahana. Untuk mengetahuinya silahkan simak informasi betinagonazalez.com berikut ini. 

Syarat dan Cara Menjadi Agen Wahana

Syarat MenjadI Agen Wahana

Menjadi mitra atau agen Wahana ditujukan kepada pihak perorangan, korporasi, atau badan usaha lain, sehingga ada beberapa syarat dan cara menjadi Agen Wahana yang berbeda sesuai dengan ketentuan dari PT. Wahana Prestasi Logistik, berikut penjabarannya:

1. Syarat Administrasi

Syarat untuk menjadi agen peorangan berbeda dengan agen berbadan hukum. Dimana perbedaaannya adalah sebagai berikut.

Untuk Agen Perorangan

  1. Melakukan pendaftaran keagenan (secara online melalui web resmi wahana.com atau datang secara langsung ke kantor wahana)
  2. Fotokopi KTP pemilik agen
  3. Fotokopi KTP penanggung jawab agen (jika pemilik dan penanggungjawab berbeda nama)
  4. Fotokopi NPWP
  5. Pas foto berwarna ukuran 4X6 sebanyak 3 lembar
  6. Melakukan pembayaran administrasi (besarnya biaya tergantung lokasi agen yang akan beroperasi)
  7. Penandatanganan nota MOU sebagai perjanjian kerjasama awal (masa percobaan 3 bulan)
  8. Penandatanganan kontrak keagenan (setelah lewat masa percobaan)

Untuk Agen Berbadan Hukum

  1. Melakukan pendaftaran keagenan (secara online melalui web resmi wahana.com atau datang secara langsung ke kantor wahana)
  2. Fotokopi AKTE pendirian perusahaan
  3. Fotokopi surat keterangan domisili perusahaan
  4. Fotokopi Surat Izin Usaha Perusahaan
  5. Fotokopi NPWP perusahaan
  6. Pas foto penanggung jawab ukuran 4X6 sebanyak 3 lembar
  7. Melakukan pembayaran administrasi (besarnya biaya tergantung lokasi agen yang akan beroperasi)
  8. Penandatanganan nota MOU sebagai perjanjian kerjasama awal (masa percobaan 3 bulan)
  9. Penandatanganan kontrak keagenan (setelah lewat masa percobaan)

2. Syarat Lokasi

  1. Memiliki bangunan usaha bisa rumah, garasi, atau ruko dengan ukuran bangunan minimum 2X2 meter
  2. Lokasi parkir minimal berukuran 4X4 meter, dapat mengakses kendaraan mobil dan motor
  3. Denah lokasi bangunan cukup strategis (guna mempermudah konsumen mencari letak gerai-nya)

3. Syarat E-System

  1. Memiliki 1 unit komputer atau laptop yang memadai
  2. Memiliki 1 unit printer untuk mencetak resi
  3. Memiliki 1 unit timbangan berkapasitas 100 kg
  4. Memiliki jaringan internet yang stabil
  5. Memiliki smartphone untuk aplikasi Sahabat Wahana

4. Syarat SDM

  1. Memiliki petugas (pendidikan min. SMA/SMK atau sederajat)
  2. Dapat menggunakan kendaraan
  3. Wajib menggunakan seragam Wahana logistik
  4. Dapat menjaga nama baik perusahaan dan bertanggung jawab

Setelah mengetahui semua syarat yang dibutuhkan, maka selanjutnya anda tinggal mengajukan permohonan menjadi agen Wahana.

Caranya sangat mudah karena bisa dilakukan secara online dengan cara mengisi formulir pengajuan di website https://www.wahana.com/agen-wahana.

Silahkan isi semua formulir yang dibutuhkan. Setelah itu tinggal membayar biaya adminstrasi ke rekening Bank BCA dengan nomor rekening 6580630888 a.n PT. Wahana Prestasi Logistik

Biaya Administrasi Pendaftaran Agen Wahana

Modal Menjadi Agen Wahana

Cara menjadi Agen Wahana terbilang cukup mudah. Yang paling penting anda harus memenuhi semua persyaratan di atas dan menyiapkan uang untuk membayar biaya administrasi. 

Hanya dengan membayar uang administrasi sebesar Rp. 3.800.000,- (berlaku per 1 juli 2020) maka anda sudah dapat menjadi Agen Wahana, namun besarnya biaya tersebut dapat berubah sewaktu-waktu.

Selain itu bagi anda yang sudah mendaftar menjadi agen Wahana dan membayar biaya administrasi, maka akan mendapatkan cashback berupa top up saldo awal.

Besarnya cashback setiap daerah berbeda-beda, untuk wilayah Jawa Tengah dan Jawa Timur mendapatkan cashback sebesar Rp. 1 juta, sedangkan untuk wilayah Jabodetabek dan Bandung sebesar Rp. 500 ribu.

Modal Awal Yang Dibutuhkan

Modal yang dikeluarkan tidak hanya membayar biaya administrasinya saja, anda juga harus mengeluarkan modal awal lainnya.

Biaya sarana dan prasarana juga harus diperhatikan, seperti biaya pembelian laptop, printer, meja dan kursi, sewa kios atau perbaikan bangunan, alat transportasi (jika belum memiliki), timbangan bertera, dan lain sebagainya.

Pengeluaran yang dikeluarkan untuk modal awal tentu akan sebanding dengan keuntungan yang didapatkan bahkan dapat kembali berkali-kali lipat apabila anda serius menjalankan kerjasama tersebut.

Perkiraan keseluruhan modal awal menjadi agen Wahana dari mulai biaya administrasi hingga perlengkapan sarana dan prasarana melebihi Rp. 10 juta, namun besarnya pengeluaran di awal tersebut setiap lokasi dan kondisi calon agen dapat berbeda-beda.

Apabila sebelumnya, si calon agen sudah memiliki fasilitas seperti laptop, printer, kendaraan, kios maka untuk biaya sarana prasarana lainnya tentu akan lebih ringan sehingga pengeluaran untuk menjadi Agen Wahana menjadi lebih hemat.

Kurang lebih tinggal memikirkan biaya pendaftaran administrasinya, membuat baliho, banner atau spanduk, dan keperluan kecil lainnya.

Keuntungan Menjadi Agen Wahana

Biaya Menjadi Agen Wahana

Setelah mengetahui apa saja syarat dan berapa biaya yang dibutuhkan, maka Anda harus mengetahui keuntungan apa saja yang akan Anda dapatkan.

Apakah keuntungan menjadi agen sebanding dengan pengeluaran yang Anda keluarkan untuk bergabung menjadi salah satu agen mereka?.

Sebagai anggota agen Wahana, keuntungan yang akan didapatkan cukup menggiurkan. Karena Wahana akan memberikan komisi kepada agennya sebesar 15%-25% dari setiap kiriman, besarnya komisi ini tergantung lokasi agen berada.

Untuk agen di wilayah Jawa Tengah, D.I.Yogyakarta dan Jawa Timur akan mendapatkan komisi sebesar 15%, sedangkan untuk agen di wilayah JABODETABEK dan Jawa Barat akan mendapatkan komisi 25% dari setiap kirimannya.

Komisi yang di dapatkan di setiap wilayahnya berbeda-beda, dan dapat berubah sewaktu-waktu.

Sedangkan untuk komisi di luar Jawa belum diketahui secara pasti apakah lebih besar atau lebih kecil dari komisi yang di dapat di Pulau Jawa.

Namun dengan komisi yang didapatkan dari menjadi agen terbilang cukup besar dibandingkan dengan lainnya, terlebih lagi Wahana sudah memiliki cakupan pasar yang sangat luas.

Masih banyak keuntungan lainnya jika menjadi agen Wahana. Untuk mengetahui apa saja keuntungan tersebut silahkan simak berikut ini.

  1. Wahana memiliki layanan pengiriman yang bervariatif seperti Exprees, Ekonomis, dan Kartu
  2. Tarif Wahana tergolong hemat dibanding perusahaan pengiriman lainnya
  3. Wahana memiliki layanan Pick Up paket ke lokasi agen
  4. Menjadi Agen Wahana bisa digabung dengan usaha lain
  5. Pendaftaran menjadi agen bisa atas nama perorangan
  6. Wahana sudah ada di Tokopedia dan Bukalapak
  7. Bangunan usaha bisa rumah, ruko atau garasi
  8. Gratis pendaftaran Toko Virtual Alamind
  9. Gratis menjadi Drop Off Points (DOP) Lazada.

Download Brosur

Untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai syarat dan cara menjadi Agen Wahana, silahkan download brosur di bawah ini. 

Setelah mengetahui beragam keuntungan menjadi Agen Wahana maka anda bisa memutuskan apakah menjadi agen merupakan peluang bisnis yang menguntungkan atau tidak.

Cukup sekian informasi kali ini, semoga informasi di atas bermanfaat bagi anda yang tertarik menjadi Agen Wahana. Simak pula artikel lainnya tentang Usaha Yang Cocok Untuk Pemula di Pedesaan dan beragam artikel bermanfaat lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *